fakta tentang bumi

Ribuan tahun yang silam, bumi berotasi hanya 18 jam. Kelak di masa yang akan datang, bumi berotasi 960 jam. Benarkah sungai itu hidup? Dimanakah tempat paling panas dan paling dingin di permukaan bumi ini? Dimanakah tempat letusan gunung berapi dan gempa bumi sering terjadi? Serta bagaimanakah guntur itu terjadi? Berikut ulasannya:

1. APAKAH DALAM SATU HARI ITU AKAN SELALU 24 JAM?
Satu hari adalah satu kali rotasi bumi pada porosnya. Ribuan tahun yang silam, bumi hanya memerlukan waktu 18 jam untuk sekali rotasi (1 hari = 18 jam). Dari hari ke hari rotasi bumi semakin lamban sehingga kini 1 hari = 24 jam. Menurut perhitungan ilmuwan, kelak di masa yang akan datang, satu hari di bumi akan memerlukan 960 jam!
Benarkah itu?

2. BERAPA TINGGI SUHU DI BAGIAN DALAM BUMI?
Setiap jarak 1 km menuju ke pusat bumi, suhu akan meningkat 20OC, menurut perhitungan ilmuwan, di pusat bumi suhu bisa mencapai 3.870OC.

3. APAKAH SUNGAI ITU HIDUP?
Sama seperti semua makhluk hidup yang lain, sungai juga memiliki rentang hidup. Mereka akan tumbuh perlahan setelah lahir (areal daerah aliran akan meluas) kemudian akan mati seiring dengan meningkatnya usia.
Benarkah itu?

4. BERAPA KALI KILAT TERJADI SETIAP DETIKNYA?
Berdasarkan perhitungan ilmuwan, rata-rata setiap detik terjadi kilat 100 kali. Tetapi, ini hanyalah kilat yang menerjang permukaan bumi. Faktanya, dalam satu menit terdapat lebih dari 1.000 kali badai guntur di sekeliling bumi dan menimbulkan lebih dari 6.000 kali kilatan petir. Namun, sebagian besar peristiwa ini terjadi di lapisan awan.

5. DIMANA KAWASAN DI BUMI YANG RENTAN TERJADI GEMPA DAN LETUSAN GUNUNG BERAPI?
Sebagian besar gempa bumi dan gunung berapi terjadi di 12 titik perbatasan lempeng bumi, dan sedikit banyak mereka bergerak di permukaan bumi. Salah satu lempeng yang paling aktif adalah Lempeng Samudera Pasifik. Kawasan perbatasan yang mengelilingi lempeng ini kerap megalami gempa dan letusan gunung berapi. Jangkauan kawasan ini sangat luas: dari Jepang hingga Alaska dan Amerika Selatan.

6. DIMANA TEMPAT YANG PALING PANAS DAN PALING DINGIN DI BUMI?
Tempat terpanas yang tercatat adalah di sebuah daerah di Libya. Pada 13 September 1922, suhu di sana mencapai 57,8OC, ini adalah nilai tertinggi dalam catatan suhu sejak itu. Pada 10 Juli 1913, suhu tertinggi di lembah mati Kalifornia, AS, hanya mencapai 54OC. Daerah dengan suhu terendah di dunia adalah di pusat timur Kutub Selatan. Suhu di sana pada 21 Juli 1983 mencapai -89OC.

7. BAGAIMANA GUNTUR ITU TERJADI?
Jika menurut kamu guntur di sebabkan oleh petir, kamu benar juga. Namun, teori yang lebih tepat adalah karena suhu udara di sekitar petir naik secara drastis – kurang lebih 5 kali lipatnya suhu matahari. Pemansan yang tiba-tiba itu menyebabkan kecepatan udara mengembang lebih pesat dibanding velositas bunyi. Hal ini akan mengompres udara di sekitarnya dan membentuk gelombang kejut yang dahsyat. Gelombang kejut itulah yang kita dengar sebagai guntur. [J]


(Suhel Jasuni http://cuenk.blogspot.com)

0 Response to "fakta tentang bumi"

Posting Komentar

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme